Bermula dari 12 Sandal Gunung

Pham Van Dong Perangin-angin, Owner Vertical Outdoor Equipments

PHAM Van Dong (n0 5 dari kanan) saat mengikuti Ekspedisi Sapu Gunung Barat Sumatera di Sumatera Barat dan Jambi tahun 2000 lalu.

PHAM Van Dong (n0 5 dari kanan) saat mengikuti Ekspedisi Sapu Gunung Barat Sumatera di Sumatera Barat dan Jambi tahun 2000 lalu.

USAI mengikuti sebuah kejuaraan panjat dinding di Medan tahun 1999 lalu, Pham Van Dong Perangin-angin secara tak sengaja bertemu dengan temannya dari Semarang. Temannya itu adalah perwakilan dari perusahaan penghasil perlengkapan alam bebas dengan merek Claw.

            Van Dong (demikian ia biasa disapa), yang saat itu masih kuliah di Fakultas Ekonomi Unika Santo Thomas ditawari temannya untuk menjual sandal gunung merek Claw di Medan. Van Dong mengaku, tawaran dari Claw adalah kesempatan bagi dirinya untuk berbisnis, tapi di satu sisi, dirinya juga ragu, apalagi saat itu belum mempunyai toko. Namun, hobinya akan kegiatan alam bebas dan kepencintaalaman membuatnya memutar otak agar tetap bisa menjual sandal gunung tersebut di Medan.

            “Saya menganggap itu peluang, apalagi merek itu (Claw) belum banyak di Medan. Karena saya belum toko, saya tetap menerima tawaran teman saya itu,” kata Van Dong kepada Veritas Unika di Medan, beberapa waktu lalu.

            Van Dong menceritakan, di tahap pertama, dirinya memesan 12 sandal gunung. Van Dong pun menjual sandal tersebut ke teman-temannya, baik di kampus Unika Santo Thomas, di komunitas panjat dinding dan teman-teman di sekitar rumah. Van Dong menjualnya Rp 50 ribu per unit.

            “Ternyata sambutan teman-teman sangat baik. Tak sampai dua minggu, semua sandal gunung itu sudah laku semua. Maklum, saat itu, sandal gunung kan sedang trend-trendnya. Banyak mahasiswa yang minat,” kenang Van Dong.

            Sukses menjual 12 sandal gunung, Van Dong kembali memesan sandal gunung dalam jumlah yang lebih besar. Tak hanya sandal gunung, alumni GEMPITA Unika Santo Thomas ini juga memesan perlengkapan lain seperti dompet, tas dan ransel. “Kebetulan ada teman yang punya toko, saya titip barang-barang tersebut di toko. Karena kebetulan anggota GEMPITA, saya juga titipkan contoh barang di sekretariat GEMPITA. Saya pasang poster-poster di kampus Unika, kalau mau beli, bisa datang ke sekretariat GEMPITA,” kata Van Dong.

            Setelah tiga tahun menjajakan dagangan dari teman ke teman, Van Dong pun memberanikan diri untuk menyewa sebuah kios ukuran 4 x 4 meter di Jl. Jamin Ginting Medan, persis di depan Gang Sumber USU pada tahun 2002. Outletnya diberi nama Vertical Outdoor Equipments. Outletnya menyediakan berbagai jenis perlengkapan alam bebas mulai dari sandal, sepatu, topi, kemeja, kaos, celana, rompi, ransel, dompet, aksesoris kecil, peralatan memasak hingga peralatan panjat. Mereknya juga beragam seperti Eiger, Claw, Avtech, Petzl, Rigi dan Consina.

Nasib baik berpihak pada penyuka olahraga panjat tebing ini. Outletnya tersebut lumayan laris. Tak sampai dua tahun, Van Dong pun menyewa ruko tiga lantai yang berlokasi tak jauh dari kios kecilnya, tepatnya di Jl. Jamin Ginting No. 327 Medan. “Ruko yang lebih besar membuat barang-barang yang dijual pun jauh lebih banyak. Tak hanya menjual, saya juga menyewakan perlengkapan alam bebas, seperti tenda, ransel, matras, sleeping bag dan lain-lain,” kata Van Dong.

            Usahanya yang terus berkembang, membuat Van Dong membuka satu outlet lagi di kawasan Halat, tepatnya di Jl. Megawati No. 9E Medan. Kerjasama yang baik yang diperlihatkan Van Dong terhadap beberapa merek, membuat merek lain mempercayakan produknya untuk dijual oleh Vertical Outdoor. Kini, Vertical Outdoor adalah agen tunggal merek REI di Sumatera Utara. REI adalah merek perlengkapan alam bebas berkualitas yang memproduksi tas, sandal, daypack, carrier (ransel) dan lain-lain.

            “Sekarang saya sedang menjajaki pembukaan beberapa outlet lagi. Mungkin di luar Medan. Doakan ya,” katanya.

            Atlet Panjat Dinding yang mewakili Sumut di PON Jawa Timur tahun 2000 ini mengatakan, menjadi wirausaha adalah cita-citanya sejak mahasiswa. Statusnya sebagai anggota pencinta alam GEMPITA Unika Santo Thomas menjadi dorongan baginya untuk menjadi wirausahawan. “Masuk GEMPITA adalah sarana untuk menyalurkan hobi berpetualang. Tapi saya melihat ada peluang yang bisa dimanfaatkan dari hobi berpetualang ini. Ya itu tadi jualan perlengkapan alam bebas,’ katanya.

            Van Dong mengajak siapapun yang memiliki niat untuk berwirausaha agar berani mewujudkannya. Tak perlu dengan usaha yang langsung besar, mulailah dari yang kecil-kecil. “Seperti saya hanya bermula dari 12 sandal gunung saja. Yang penting, tetap yakin dengan usaha yang kita lakukan, pasti semuanya menjadi besar,” ujarnya.(Truly Okto Purba)

Biofile

Nama               : Pham Van Dong Perangin-angin

Lahir                : Medan

Pendidikan      : 1. SD Negeri Padang Bulan

                          2. SMP Negeri 10 Medan

                          3. SMA Negeri 17 Medan

                          4. FE Manajemen Unika Santo Thomas (Angkatan 1994/Lulus 2001)

Organisasi       : Gema Pencinta Alam (GEMPITA) Unika Santo Thomas

Hobi                : Panjat Tebing, Motorcross

Motto              : Yakin dengan Usaha yang Kita Lakukan

Prestasi            : 1. Juara II Try Out Climbing GMPA ITM tahun 1999

                          2. Juara Harapan I Kejuaraan Panjat Dinding Gelar Aksi Mapala

                              UMSU tahun 1999

                          3. Atlet Panjat Dinding mewakili Sumut di Pekan Olahraga Nasional

                              (PON) XV di Jawa Timur tahun 2000 (Nomor Speed)

Pekerjaan         : Owner Vertical Outdoor Equipments

This entry was posted in Alumni Kita and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s