Kuliah Umum Bersama Mahfud MD

Mahfud MD

Mahfud MD

MEDAN, VERITAS – Unika Santo Thomas menggelar kuliah umum ”Masa Depan Politik dan Penegakan Hukum di Indonesia” menghadirkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD di Bina Media Convention Hall, Kamis (18/4/2013). Dalam paparannya, Mahmud mengatakan, Indonesia harus membangun sistem politik dan hukum yang demokratis dan berimbang, dengan demikian politik akan berjalan dengan baik dan santun.

       Pada kesempatan tersebut, Mahfud mengupas sedikit proses terjadinya reformasi  di Indonesia tahun 1998.  Menurut Mahfud, reformasi ditandai dengan aksi demonstrasi dari  kampus yang akhirnya menjatuhkan pemerintahan Orde Baru. ”Tapi menurut saya, pergantian presiden ketika reformasi tidak dilakukan secara konstitusi melainkan secara cesar. “Kondisi itu terjadi akibat hukum dan politik bekerja dengan tidak seimbang,” ungkap Mahfud.

Kuliah umum ini diikuti ratusan mahasiswa dan staf pengajar. Wali Kota Medan, Rahudman Harahap dan jajarannya turut hadir dan memberikan kata sambutan. Menurut Rahudman, kedatangan Mahfud  perlu disyukuri. Sebab, Mahfud merupakan ahli hukum dan tata negara yang sangat  hebat.

“Jadi dengan ilmu dan pengalaman yang dimilikinya, kita berharap Pak Mahfud dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi para mahasiswa, terutama menyangkut masalah hukum dan ketatanegaraan. Karena itulah saya berharap kepada seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan kuliah umum ini dengan sebaik-baiknya,” kata Rahudman.

Diakhir acara, pihak Rektorat mengulosi Mahfud MD. Sebaliknya, Mahfud MD memberikan buku-buku yang berisi tentang politik hukum kepada Rektor Unika Santo Thomas, P. Dr. Hieronymus Simorangkir, Pr.(Niren Agustini Surbakti)

This entry was posted in Berita Kampus and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s