Wajib PKA Sampai Batas Waktu Tertentu

MEDAN, VERITAS – Unika Santo Thomas Medan terus berupaya melakukan pembenahan menuju Unika yang lebih baik sesuai visi dan misinya saat ini. Salah satunya adalah dengan mempertegas kembali Peraturan Akademik, Pasal 16 ayat 1 tentang Keterlambatan Pembayaran Uang Kuliah.

Pasal tersebut isinya adalah: Keterlambatan pembayaran biaya pendidikan dari tanggal ditentukan mengakibatkan pembayaran denda sebesar 2 (dua) persen per minggu dari pembayaran seharusnya. Jika sampai pada batas waktu tertentu biaya pendidikan juga belum dibayar maka mahasiswa yang bersangkutan diberlakukan Penundaan Kegiatan Akademik (PKA).

Sebagian mahasiswa yang ditemui Veritas mengatakan, selama ini pelaksanaan Peraturan Akademik tersebut memang terkesan kurang terlaksana dengan maksimal. Hal ini yang mungkin membuat pihak rektorat mempertegasnya mulai tahun ajaran 2012/2013. Penegasan ini dibuktikan dengan ditundanya Kegiatan Akademik sejumlah mahasiswa yang tidak menaati peraturan ini.

“Sekarang itu peraturan begitu di Unika. Kalau terlambat beberapa minggu, langsung dicutikan. Kalau dulu kan masih bisa bayar uang kuliah saat mau UTS. Walau dendanya banyak, tapi tidak langsung dicutikan,” kata seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi kepada Veritas, akhir April lalu.

Perihal penundaan PKA ini memang memunculkan pro dan kontra di kalangan mahasiswa. Ada yang sepakat dan tidak sedikit juga yang tidak sepakat dengan kebijakan tersebut. ”Namun dengan kebijakan tersebut, secara tegas pihak Rektorat menghimbau seluruh mahasiswa agar ke depannya tepat waktu membayar uang kuliah,” kata sejumlah mahasiswa.(Indra Edi Sagala)

This entry was posted in Berita Kampus and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s